Senin, 25 Mei 2015

Desainer Vs Programer

Desainer dan programer, banyak yang belum mengerti arti dan perbedaan kata tersebut. Siapakah itu desainer? Siapakah itu programer?, berikut ini adalah sedikit ulasan tentang desainer dan programer.
Ada yang berfikiran bahwa orang yang pandai dalam bidang menggambar menggambar itu adalah seorang desainer dan orang yang bisa memperbaiki dan mengutik-utik barang elextronik itu seorang programer. Bagi saya pernyataan itu sudah benar, akan tetapi kurang tepat. Maka dari itu, sebelum beranjak ke inti pembahasan alangkah baiknya kita mengetahui apa itu dari desain dan apa itu program.

Apa itu desain? Harus diketahui bahwa desain dengan seni murni atau seni kriya itu berbeda. Walau perbedaannya hanya sedikit. Namun tetap memiliki perbedaan. Perbedaannya hanya pada nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pada seni nilai yang terkandung menitik beratkan pada nilai estetik dan pemaknaan dari seni itu bersifat privasi dan biasanya hanya diketahui oleh pembuatnya, sedangkan desain tidak menitik beratkan pada nilai estetik dan pada umumnya bisa di pahami oleh publik.
Apa itu program? Program adalah intruksi intruksi yang di tulis secara digital dengan suatu aplikasi pembuat program yang bertujuan untuk melakukan suatu fungsi fungsi yang spesifik pada komputer. Program dapat terbentuk dari algoritma yang diciptakan seorang pemrogram kemudian di tulis dalam aplikasi yang berbasis bahasa pemrograman seperti C++, Netbeen, Pascal, C#, dan lain sebagainya. Di dalam aplikasi tersebut terjadi sebuah penerjemahaan dari bahasa yang di mengerti manusia ke dalam bahasa mesin. Mengapa perlu menggunakan aplikasi bahasa pemrograman? Karena seorang programer akan mengalami kesulitan dalam membuat program, dan mesin hanya mengenali perintah on dan  off atau bisa juga di sebut 1 dan 0. Satu berarti hidup dan null artinya mati. Menurut saya sudah cukup gambaran tentang perbedaan antara desain dan program. Selanjutnya akan menjelaskan tentang perbedaan desainer dan programer.
Siapa itu desainer? Desainer adalah orang yang mempunyai profesi membuat atau menciptakan sebuah ilustrasi, tipografi, fotografi, grafis montion, dan lain sebagainya yang di tujukan kepada penerbit, media cetak atapun elektronik dan juga kepada klaiyen yang meminta bantuan. Hasil dari desain harus bisa menyampaikan sebuah informasi kepada pembaca. Dan seorang desainer tidak sembaragan dalam merancang sebuah desain. Karena akan menimbulkan kesan ambigu. Seorang desainer mempunyai peluang kerja di bidang jurnalis, percetakan, multimedia. Aplikasi yang di butuhkan untuk seorang desainer yaitu aplikasi yang berbasi grafik seperti Photoshop, Corel Draw, 3D Max, dan lain sebagainya. Dan komputer yang dibutuhkan harus mempunyai kinerja yang bagus. Karena aplikasi yang di pakai sangat berat.
Dan siapakah programer? Programer adalah orang yang mempunyai profersi membuat apliklasi atau program untuk menjalankan perangkat keras atau hardwarae. Seorang programer harus menguasai bahasa pemrogrman. Karena bahasa pemrograman adalah bahan baku atau alat yang sangat vital dalam pembuatan program. seorang programer memerlukan aplikasi bahasa pemrograman untuk bekerja. Aplikasi bahasa pemrograman contohnya adalah C++, C#, Java, Pascal, Linux, Fortan, dan lain-lain. Spesifikasi komputer yang di perlukan tidak terlalu tinggi. Karen aplikasi tersebut sangat ringan dan grafik yang di pelukan tidak terlalu tinggi.
Begitulah sedikit ulasan tentang perbedaan programer dan desainer secara global. Namun dari segi lain ada perbedaan. Contohnya perbedaan dalam bidang pembuatan desain Web. Menurut pokok pembahasan tersebut mungkin hanya desainer yang di untungkan. Namun tidak sepenuhnya seperti itu. Karena segala sesuatu pasti mempunyai kelemahan. Agar lebih jelasnya kita lanjutkan ke pembahasan berikut ini.
Dalam mendesain web, seorang desainer sangat mengedepankan tampilan yang sangat menarik. Namun untuk para programer lebih mengedepankan atau mementingkan efesiensi dari web tersebut. Mereka memiliki alasan yang beragam mengapa membuatnya seperti itu. Seorang desainer membuat tampilan lebih menarik karena mempunyai alasan yang kuat agar pengunjung yang datang di web tidak merasa jenuh dan akan mengununginya di lain waktu. Bahkan seorang desainer juga menambahkan berbagai hiasan yang tidak begitu penting. Dan inilah yang membuat kelemahan dari desan wap seorang desainer. Dan seorang programer membuat desain web lebih efisien karena di saat loading atau memuat halaman web tidak terlalu lama. Sehingga pengunjung yang mempunyai jaringan yang lemah masih bisa membaca atau melihat wap. Namun tampilan yang di hasilkan menjadi kurang menarik sehingga membuat pengunung kurang puas.

Dari segi penampilan dari seorang desainer dan seorang programer juga memiliki perbedaan. Seorang desainer lebih memilih gaya  hidup yang bebas seperti anak muda. Dan tidak terbiasa jauh dari smartphone. Karena smartphone di gunakan untuk bersosial media dan mencari inspirasi-inspirasi di internet atau yang lainnya. Dan seorang programer lebih mementingkan minum kopi utnuk menemani dalam mengerjakan tugas dan tampil seperti orang kantor yang mempunyai kebiasaan memakai dasi dan jas. 

2 komentar: