Rabu, 03 Agustus 2016

TAMAN SAFARI PRIGEN DEGAN BUSSINES PRACTIS 4 ASIA MALANG

Kamis, 28 Juli 2016


kau boleh lihat videonya di youtube 


Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan serangkaian kegiatan BP4 Perguruan Tinggi Asia. Pada kamis, 28 Juli 2016 ini kami melaksanakan kegiatan Study Excursion ke Taman Safari Prigen. Kegiatan ini di adakan dalam rangka melihat keadaan bisnis secara langsung. Acara dilakasakan dari pagi pukul 07.00 WIB. Mahasiswa STIE & STMIK Asia kurang lebih 300 mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah BP4. Perjalanan menggunakan 5 bus. Setiap bus diisi 2 kelas dengan didampingi masing-masing fasilitator. Saya disini menggunakan bus 5. Perjalanan dari Malang ke Taman Safari Prigen membutuhkan waktu sekitar 1,5 -2  jam untuk sampai di lokasi.
Sesampainya di lokasi Taman Safari Prigen. Kami diberikan waktu beristirahat sekitar 15 menit. Beberapa
mahasiswa memanfaatkan waktu untuk ke kamar mandi, sebagian lagi memilih berfoto selfi dengan teman-temannya. Sekitar pukul 09.45 kami diminta berkumpul pada kelompok kelas masing-masing. Kami di berikan tas jelajah,souvenir,notebook,bulpen,sticker,dan topi safari. Setelah itu acara di lanjutkan di aula terbuka untuk mendapatkan materi seminar. Pada aula terbuka kami mendapatkan  4 materi yang sangat bermanfaat dari pimpinan & staff yang berhubungan dari pengelola Taman Safari Prigen.
Materi pertama menyampaikan tentang tugas, tanggung jawab dan fungsi HRD perusaan Taman Safari Prigen itu apa. Ternyata tanggung jawab mereka sangat banyak, diantaranya adalah merekrut personil untuk posisi yang sesuai kemapuan  mereka, memberikan pelatihan dan pengembangan staf, monitoring kinerja dari setiap karyawan, memutuskan pemberian pengangkatan jabatan dan kompensasi, distribusi pembayaran karyawan, survei karyawan dan granding, monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan, trouble shooting dan pemecahan masalah bagi karyawan, menjaga hubungan dengan setiap karyawan, membentuk tim untuk proyek-proyek tertentu,dll. Fungsi HRD adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,pengendalian, rekruitment, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, serta pemberhentian.
Materi ke-2 menyampaikan tentang sales & marketing yaitu suatu kegiatan menjual barang/jasa dari produsen kepada konsumen/dari distributor/perantara kepada konsumen. Marketing  sendiri adalah menceritakan mengenai perusahaan/ produk. Marketing harus mampu memperlihatkan reputasi sebuah brand. Menganalisa data besa, serta membawakan hasil rata-rata, tidak spesifik. Mempelajari pengalaman apa yang diinginkan pelanggan ketika mereka membeli sesuatu. Marketing tidak harus mampu mempromosikan harga spesial dan diskon, melainkan mengganti hal ini dengan penawaran spesial yang memberikan nilai lebih. Pada Departemen sales & marketing Taman Safari di pimpin oleh Director of Sales & Marketing. Sales & Marketing disupervisi oleh Senior Account Manager yang terdiri dari, 3 account manager of corporate, 3 account manager of education, 3 account manager of  travel & agent, sales administration staff. Kegiatan Sales & marketing sendiri :
1. Melakukan visit setiap hari ke klien sesuai segmentasi masing-masing (sales call)
2. Melakukan follow up terhadap bussiness lead yang di dapat, baik dari hasil sales call, dari tamu yang datang berkunjung ke TSI2, maupun yang melalui incoming call.
3. Membuat event order untuk klienyang akan mengadakan acara di TSI 2 sebagai sarana komunikasi departement terkait.
4. Menghandle group besar saat datang ke TSI 2, untuk Group kecil dapat didelegasikan ke GRO.
5. Membuat laporan kunjungan & productivity.

Materi ke-3 membahas tentang finace.  Finance sendiri di bagi menjadi 4 bagian,
1. Finace itu sendiri yang membawahi bagian ticketing  yang merupakan bagian loket pada told an pembayaran/laporan.
2. Accounting, bertugas membuat laporan keseluruhan, melakukan cost control, dan mengurus pembiayaan lain-lain.
3. Asset, yaitu bagian were house/ stock barang dan membuat laporan asset yang ada di Taman Safari
4. Purchasing, yang bertugas melakukan pembelanjaan kebutuhan taman safari, melakukan  transaksi pembelian, dll

Materi ke-4, menjelaskan bagaimana pengelolahan hewan-hewan pada Taman Safari. Ternyata dari banyak nya hewan yang ada pengelolahan Taman Safari cukup baik. Mereka dapat mengelolah hasil dari limbah kotoran hewan menjadi hal bermanfaat. Pengelolahan dapat berupa pupuk kompos, papan partikel dari kotoran gajah, biogas, PLTS, dan pemulibiakan sapi bali-banteng.Alasan mereka melakukan pengelolahan sebaik mungkin karena adanya jumlah satwa yang cukup banyak, efisiensi, dan pengembangan energiterbarukan yaitu “Back to Nature”. Mereka telah melakukan pengelolahan pupuk kompos sejak tahun 2000, papan partikel sejak 2014, biogas sejak 2014, PLTS 2013, dan pemulihan  sapi bali-banteng sejak 2010. Pada  kesempatan kali ini kita juga di jelaskan bagaimana mengelolah nya juga.

Setelah  mendapatkan materi kita melanjutkan acara yaitu adventure safari untuk melihat hewan-hewan menngunakan bus. Dalam perjalanan safari kita melihat banyak hewan diantara nya harimau, singa, gajah, kudanil, rusa, monyet, dll. Saat melakukan adventure safari kita melewati 3 zona, yaitu kawasan asia, amerika, dan afrika. Kami sangat menikmati perjalanan safari.

Setelah melakukan safari, acara dilanjutkan dengan foto bersama. Selanjutnya kita makan siang di restoran. Sekitar pukul 13.00 WIB, acara di lanjutkan dengan menonton atraksi lumba-lumba, singa laut, dan berang-berang yang sangat lucu dan cukup menghibur. Banyak yang atusias dalam menontonnya. Acara atraksi berakhir sekitar pukul 14.00. dan dilanjutkan dengan acara bebas.

Pada acara bebas ini sebagian melaksanakan sholat dhuhur di mushola. Ada yang menghabiskan waktu untuk berjalanan jalan mengelilingi Taman Safari. Ada yang menghabiskan waktu untuk nongkrong di café area Taman Safari. Ada yang mencoba beberapa permainan disana. Dan yang tak ketinggalan adalah berfoto selfi bersama.
Pada pukul 16.00 kami wajib berkumpul di tempat Temple of terror. Disana kami menonton acara yang sangat spectakuler. Benar benar mengesankan selain menghibur juga cukup membuat kita tercengang. Konsep ceritanya  dan effect-effect sangat luar biasa. Sayang nya pada acara ini kita tidak di perbolehkan untuk meliput. Pukul 17.00 kita kembali ke bus. Di bus kita kembali di absen. Kita di bagikan snack dan kami pun kembali ke kampus tercinta.

Berikut tadi adalah serangkaian kegiatan yang kita lakukan di acara study excursion . Saya merasa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang bermanfaat. Sekian terima kasih telah membaca artikel saya. Semoga bermanfaat dan saya minta maaf jika ada salah-salah kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar